Program Rutilahu Bedah Rumah Tidak Layak Huni Bersama CSR PT PLN Indonesia Power PLTU Di Kampung Cipatuguran

- Admin

Kamis, 23 November 2023 - 12:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GELIAT MEDIA – Bu Yoyoh (42) salah satu warga Kampung Sampalan RT 05 RW 06 Cipatuguran Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi tidak kuasa menahan haru menyaksikan prosesi pembangunan calon rumah barunya. Spesialnya lagi, peletakan batu pertama bangunan berukuran 4,5×6,5 meter tersebut dilakukan langsung oleh pihak CSR PLN Indonesia Power PLTU Jawa Barat.

Ibu Yoyoh terpilih menjadi penerima bantuan rumah Abu FABA (Fly Ash and Bottom Ash) yang merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT PLN Indonesia Power PLTU Jawa Barat.

Senior Manager PLN Indonesia Power PLTU Jabar 2 Pelabuhan Ratu PGU mengatakan, pembangunan rumah warga Kampung Sampalan Cipatuguran Desa Jayanti itu menggunakan material batako yang bahan dasarnya terbuat dari limbah batubara (FABA) PLTU Jawa Barat.

“Ini sangat mengapresiasi pemanfaatan FABA untuk bahan dasar batako dan sejenisnya karena sangat bermanfaat bagi pembangunan. kualitas batako berbahan dasar Faba tersebut sangat kokoh dan halus, saat ini pengolahan limbah hasil pembakaran batubara dari PLTU ini baru dalam bentuk batako, paving dan canstin. Pemanfaatannya sendiri untuk membantu mewujudkan rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu diwilayah sekitar PLTU”, ungkapnya.

Kami bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yaitu dengan Pak Virzah, disini ketuanya membantu membangun rumah layak huni bagi masyarakat disekitar ring 1 PLTU.

“Ini merupakan perdana Tahun 2023 untuk pembangunan rumah masyarakat tidak mampu dan kedepan kita harapkan lebih banyak lagi yang akan menerima manfaat”, ujar Rizqi Priatna.

Sementara itu Nandang S.Ag menyampaikan, rencana bakal seperti apa hari ini sebuah keberkahan buat Desa Jayanti dan salah satunya warga Desa Jayanti di kampung Sampalan RT 05 RW 06 Ibu Yoyoh adalah salah satu warga yang sangat bersyukur hari ini ketika rumahnya mendapatkan program bedah rumah, bukan lagi Rehab rumah tapi bedah rumah.

Baca Juga :  Hari Ke-3, Danramil 0622-02/Palabuhanratu Dan Anggota Bersih-Bersih Pantai Cibutun Sangrawayang

“Dimulai dari nol sampai menyelesaikan beberapa kali Desa Jayanti mendapatkan bantuan dan kerjasama dalam dalam konteks bedah rumah sampai dengan tahun ini berarti sudah 3 dan rencana akan ada penambahan di tahun ini ada ada tiga sebetulnya,” imbuhnya.

Jadi kalau direalisasi semua dari PLTU itu Insya Allah ada ada 30 sampai dengan tahun ini sejak tahun 2020.

“Kondisi Ibu Yoyo memang salah satu warga yang paling kami perhatikan kondisi rumahnya, karena di antara sekian banyak rumah yang sudah saya sampaikan tadi di sambutan ibu yoyoh yang paling mengkhawatirkan. Bayangkan saja kemarin sebelum rumahnya dia runtuhkan, justru rumahnya runtuh sendiri,” terang Nandang.

Untungnya bukan dalam kondisi setelah runtuh, itu kami runtuhkan tidak, ini memang sudah diusulkan sejak lama.

“Alhamdulillahnya ketika sudah masuk usulan dan ini sudah fix masuk sebagai cP tiba-tiba rumah nya rubuh betul-betul beneran. Maka bersyukur hari ini kondisi Ibu Yoyoh dengan jumlah keluarga tidak kurang dari 12 orang,” ucap Nandang.

Nandang pun berharap, mudah-mudahan nanti setelah rumahnya jadi, Insya Allah kalau program dari PLTU dibangun dari 0 sampai dengan selesai, mudah-mudahan dengan isinya.

“Maka saya atas nama pemerintah Desa kami menghaturkan terima kasih kepada pimpinan dalam hal ini Pak GM terutama atas bantuan bedah rumah untuk warga Desa Jayanti,” ujarnya.

Kades pun menjelaskan terkait status tanah hari ini di kampung sambalan Pemerintah Desa Jayanti sedang melaksanakan program usulan sertifikasi.

“Jadi artinya sudah tidak ada masalah, hari ini program sertifikasi tanah 3,3 Hektar di kampung Sampalan ini itu sudah masuk Beberapa bulan yang lalu ke BPN, hari ini on proses 60% sedang diproses oleh BPN. Mudah-mudahan ketika rumahnya selesai semua warga bisa mendapatkan sertifikat tersebut,” papar Nandang.

Baca Juga :  Badri Suhendi,S.ip.MH Tampung aspirasi warga kampung Cibinong Desa Sukamaju Cikakak Dalam kegiatan Resesnya.

Sebetulnya, masih kata Nandang, sejak 2020 saya mengusulkan ke provinsi ke Pemda melalui perkim anggota dewan, kemudian ke beberapa perusahaan terutama salah satunya adalah PLTU dan juga ada usulan yang masuk ke Danpos TNI AL, 110 usulan yang kami usulkan.

“Yang sudah terealisasi sampai hari ini sudah terealisasi sebanyak 30 unit rumah. Sekali lagi terima kasih kepada semuanya yang sudah membantu warga kami dalam hal kenyamanan rumah sebagai tempat tinggal,” pungkasnya.

Reporter : vita

Berita Terkait

Babinsa Cikelat Hadiri Acara Perpisahan Kelulusan Dan Kenaikan Kelas Siswa-siswa SMP PGRI 1 Cisolok
Babinsa Citarik Dampingi Bidan Desa Dan Kader Posyandu Laksanakan Pelayanan Kesehatan
Atasi Cedera Olahraga Ringan: Panduan Pertolongan Pertama
Batuud Koramil 0622-01/Cisolok Monitoring Perbaikan Tegangan Tinggi Sutet
Babinsa Loji Laksanakan Giat Pendampingan Hanpangan Bersama Poktan
Babinsa Loji Dampingi Poktani Laksanakan LTT Diwilayah Binaan
Babinsa Gandasoli Bersama Warga Gotong Royong Perbaikan Saluran Air
Babinsa Laksanakan Giat Fogging Bersama Nakes Puskesmas

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:24 WIB

Babinsa Cikelat Hadiri Acara Perpisahan Kelulusan Dan Kenaikan Kelas Siswa-siswa SMP PGRI 1 Cisolok

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:13 WIB

Babinsa Citarik Dampingi Bidan Desa Dan Kader Posyandu Laksanakan Pelayanan Kesehatan

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:03 WIB

Batuud Koramil 0622-01/Cisolok Monitoring Perbaikan Tegangan Tinggi Sutet

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:38 WIB

Babinsa Loji Laksanakan Giat Pendampingan Hanpangan Bersama Poktan

Rabu, 12 Juni 2024 - 07:27 WIB

Babinsa Loji Dampingi Poktani Laksanakan LTT Diwilayah Binaan

Minggu, 9 Juni 2024 - 08:47 WIB

Babinsa Gandasoli Bersama Warga Gotong Royong Perbaikan Saluran Air

Minggu, 9 Juni 2024 - 07:37 WIB

Babinsa Laksanakan Giat Fogging Bersama Nakes Puskesmas

Sabtu, 8 Juni 2024 - 19:18 WIB

LPI Temukan Bukti Baru Tentang Dugaan Pungli di SMK Insan Cita, Kampung Kedung Kecamatan Warungkiara

Berita Terbaru

Kesehatan

Strategi Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Minggu, 16 Jun 2024 - 20:31 WIB