Demokrat,PKB Dan PKS Sepakat bangun koalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi.

- Admin

Senin, 29 April 2024 - 19:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GELIATMEDIA.COM – Setelah Deklarasi Golkar ,Gerindra dan PPP yang telah resmi berkoalisi serta mengusung Asep Japar sebagai calon Bupati Sukabumi sekarang giliran Partai lainnya bangun koalisi.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat dan PKS melangsungkan pertemuan di Teras Muara Palabuhanratu, Senin (29/4/2024). Mereka menyepakati akan berkoalisi pada perhelatan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Hasim Adnan. Menurutnya pertemuan tiga partai ini berawal dari undangan Ketua DPC Demokrat Iman Adinugraha.

Awalnya ia berasumsi bahwa pertemuan ini hanya melibatkan elit PKB dengan Demokrat saja, tapi ternyata pihaknya mendapatkan ‘surprise’ bahwa Demokrat juga turut mengundang elit PKS.

“Ternyata sudah ada teman-teman PKS di sini. Ini jebakan yang nikmat, ini awalnya saya berasumsi hanya dengan teman teman Demokrat, tapi ternyata alhamdulillah teman teman PKS sudah ada di sini,” kata Hasim kepada awak media.

“Sehingga tadi hasil obrolan ringan kita sudah pada kesepakatan bahwa kami yang di sini ini mungkin nanti ditambah PAN dan PDI Perjuangan akan melakukan koalisi partai,” Ungkapnya

Menurut Hasim, deklarasi koalisi 5 partai ini rencananya digelar di salah satu Cafe di Jalan Raya Cemerlang Kota Sukabumi pada 4 Mei 2024 mendatang.

“Jadi nanti tanggal 4 itu kita punya tiket saja dulu, soal figur baru nanti akan dibicarakan dengan masing masing partai. Jadi dari figur figur nama nama yang selama ini mungkin sudah melakukan pendekatan ataupun daftar secara resmi ke partai masing masing nanti akan digodok bersama sama partai koalisi yang akan kita deklarasikan di tanggal 4, intinya koalisi partai dulu nanti baru pembahasan figur,” tandasnya.

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha mengatakan pertemuan ini dalam rangka menyamakan persepsi tentang Kabupaten Sukabumi ke depan. Ia juga menyebut kerja sama pada Pilkada 2024 di daerah lebih fleksibel atau tak hanya dengan rekan koalisi di pilpres.

“Di tingkat pusat juga tidak mengharuskan kita berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM$, bagus kalau bisa, kalau tidak bisa ya kita bisa berkoalisi dengan partai manapun yang ada di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

“Nah hari ini buktinya kita bisa bertemu dengan PKB dan PKS, terimakasih ke kang Adnan, kang Sodikin yang sudah masuk jebakan Demokrat, bukan negatif, tapi dalam konteks kita ingin menyamakan persepsi tentang sukabumi kedepan, dan Alhamdulillah tadi sudah ada sebuah clue bahwa kita akan berkoalisi dulu, kita tidak berbicara figur dulu,” tambahnya.

Iman memastikan figur bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi yang akan diusung berdasarkan seleksi oleh 5 partai yang berkoalisi ini.

“Nanti figur akan seleksi, dinilai oleh 5 partai koalisi disitu,“ jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi, M Sodikin berharap pertemuan ini merupakan awal yang baik bagi ketiga partai dalam membangun koalisi yang solid jelang Pilkada 2024.

“Bagi saya ini takdir yang perlu disyukuri, karena sudah mencoba berkomunikasi dengan Demokrat, dan hari ini bisa di follow up yang kemudian sudah bercita cita dan merencanakan bersilaturahmi dengan PKB, ternyata takdirnya bertemu di sini, jadi ini berterimakasih juga ke pak Iman, beliau memfasilitasi pertemuan kami, antara PKS dengan PKB, dan Demokrat,” ujarnya.

Sodikin juga memastikan bahwa pertemuan ini dalam rangka menguatkan perahu atau koalisi tiga partai sehingga bisa mengikuti kontestasi. Oleh karena itu, ketiga partai saat ini belum membahas figur atau kandidat yang diusung pada Pilkada 2024 mendatang.

“Konteks hari ini kita lebih fokus menguatkan perahu yang akan kita pakai, agar kemudian nanti bisa mengikuti kontestasi, jadi kalau perahunya sudah solid, sudah kokoh, siapa orangnya nanti akan bersama sama kita dalami, barangkali terkait kandidat itu,” pungkasnya.

Rencananya pengumuman Sekaligus deklarasi resmi koalisi lima Partai akan di laksanakan tgl 4 mei 2024 nanti,kalau emang ga ada perubahan berarti Pilkada kabupaten Sukabumi di prediksi akan di ikuti dua kontestan.***

Reporter : Asep T

Berita Terkait

Wakili Anggota Dewan DPRD Kab: Sukabumi Usep Wawan Hadiri Pelantikan 235 PPK Kabupaten Sukabumi
Hasim Adnan Komandoi Deklarasi lima partai Untuk Pilkada kabupaten Sukabumi
Warga Minta Gurung Ngaji dan Guru Madrasah untuk di Perhatikan Jika kelak Asep Japar jadi Bupati Sukabumi
Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Perlinmas Sukabumi: Kami Ingin Sejahtera
SBY Nostalgia bersama warga Sukabumi,Iman Adinugraha Siap laksanakan Amanat .
Kedatangan SBY ke Sukabumi Menjadi Motivasi besar buat para kader,Badri Siap merebut Kursi ketua DPRD
Mulai Kampanye, Usep Wawan Akselerasi Program Prabowo Bagikan Makanan dan Susu Gratis
The Changing Face of America: How Demographic Shifts are Reshaping the Nation
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:51 WIB

DPRD Kabupaten Sukabumi Soroti Banyaknya Program Rutilahu Banyak yang Ambruk

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:43 WIB

Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Raperda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat Dilanjutkan ke Tahap Pembahasan

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:33 WIB

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Serukan Perawatan Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu

Rabu, 15 Mei 2024 - 09:10 WIB

Wabup Tegaskan Penanganan Stunting Memerlukan Upaya Lintas Sektor Terintegrasi

Selasa, 14 Mei 2024 - 17:26 WIB

Pemerintahan Desa Sanggrawayang Bersama Masyarakat gelar Musdes Pertanyakan Kinerja Aparatur Desa

Selasa, 14 Mei 2024 - 12:14 WIB

Bupati Cup 2024, Disbudpora Kabupaten Sukabumi Dorong Pencarian Bibit Atlet Voli

Selasa, 14 Mei 2024 - 12:00 WIB

Sekda Kabupaten Sukabumi Membuka Acara Sosialisasi Jaminan JKK dan JKM Bagi Pegawai dan Atlet

Senin, 13 Mei 2024 - 10:39 WIB

Diikuti 600 Peserta Event Geopark Ciletuh Resmi Dilepas Bupati Sukabumi

Berita Terbaru