Pemdes Jayanti Gelar Giat Inisiasi Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana

- Admin

Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GELIAT MEDIA – Pemerintah Desa Jayanti menggelar Inisiasi Pembentukan dan Pengelolaan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), bertempat di aula Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2023).

Hadir dalam kegiatan Kepala Desa dan aparat Desa Jayanti, Pasilitaror Daerah, Pasilitaror Desa, Para Ketua Lembaga Desa, tim Relawan Desa Tangguh Bencana, Kader PKK dan Posyandu dan tokoh masyarakat.

Kepala Desa Jayanti Nandang S. Ag menyampaikan dalam sambutannya, adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah sebagai upaya bersama antara BNPB dengan BPBD dalam menginisiasi terbentuknya FPRB diwilayah Kecamatan Palabuhanratu khususnya diwilayah Desa Jayanti.Tujuan lain kegiatan tersebut yaitu meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan potensi bencana.

“Hal-hal yang harus diketahui tentang FPRB ini, diantaranya FRPB adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerahnya, FPRB terdiri dari perwakilan lembaga usaha, akademisi, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, media massa, donor, organisasi profesi/keahlian, legislative, yudikatif, dan organisasi perangkat daerah, serta relawan penanggulangan bencana, FPRB adalah mitra dari BPBD Provinsi maupun BPBD Kab/Kota. FPRB bukan saingan BPBD, FRPB dibentuk berdasarkan UU No. 24 Tahun 2007, PP No. 21 Tahun 2008, serta secara spesifik diatur dalam Perka BNPB yang dalam proses penyelesaian,” ungkapnya.

“FPRB memiliki Visi memastikan Pembangunan Daerah Berbasis Pengurangan Resiko Bencana, memastikan kebijakan yang diambil dapat mengurangi resiko bencana saat ini, tidak menambah resiko bencana baru, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memastikan kelembagaan penanggulangan bencana dapat bersinergi dengan baik, antara BPBD dengan OPD, antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan lembaga usaha, memastikan anggaran penanggulangan bencana cukup digunakan dalam penanggulangan bencana sesuai dengan risiko bencana di daerahnya, memastikan pemberdayaan masyarakat dilakukan di daerah dalam membangun ketangguhan terhadap bencana,” tambahnya.

Masih Kepala Desa Nandang S.Ag sampaikan, target bersama memastikan 7 Objek Ketangguhan Rumah/Hunian, Sekolah/Madrasah, Puskesmas/RS, Pasar, Rumah Ibadah, Kantor, dan Prarasana Vital.

Dengan berbagai kegiatan sosialisasi di daerah rawan bencana, simulasi, penyiapan relawan, sampai memastikan informasi tersampaikan, sebagian besar Kabupaten Sukabumi sudah memasuki musim hujan.
Kegiatan inisiasi dan Pengelolaan FPRB ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan menyamakan persepsi pemerintah dan pegiat dalam bidang penanggulangan bencana untuk turut mengarus utamakan PRB serta memberikan pengetahuan tentang FPRB dan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan bencana.

“Berdasarkan kesepakatan rapat, terbentuknya pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dengan di ketuai Dede Sopiandi. Mudah-mudahan Ketua FPRB beserta bidang-bidangnya bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan tupoksinya masing-masing”, pungkas Kepala Desa Jayanti Nandang S. Ag.

Reporter : Vita

Berita Terkait

Babinsa Sirnaresmi Laksanakan Giat Karya Bakti Pembangunan TPT
Bersama Poktani, Babinsa Sangrawayang Laksanakan Pendampingan Panen Padi
Babinsa Cikakak Laksanakan Giat Uji Coba Pompanisasi Bersama Poktan
Bersama Poktan Nusa Mandiri, Babinsa Citarik Dampingi Giat LTP
Jalan Usaha Tani Mulai Dibangun, Permudah Petani Bawa Hasil Panin
Dana Desa Non Eard Marked Tahap Satu Tahun 2024, Pemdes Gunung Karamat Kegiatan Pengaspalan Belum Realisasi.
Datangi Polres PGRI Kabupaten Sukabumi Laporkan Pemilik Akun Facebook (AT) Dinilai Caci Maki Profesi Guru
Forkopimcam Simpenan Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa Bumi
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:51 WIB

DPRD Kabupaten Sukabumi Soroti Banyaknya Program Rutilahu Banyak yang Ambruk

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:43 WIB

Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Raperda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat Dilanjutkan ke Tahap Pembahasan

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:33 WIB

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Serukan Perawatan Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu

Rabu, 15 Mei 2024 - 09:10 WIB

Wabup Tegaskan Penanganan Stunting Memerlukan Upaya Lintas Sektor Terintegrasi

Selasa, 14 Mei 2024 - 17:26 WIB

Pemerintahan Desa Sanggrawayang Bersama Masyarakat gelar Musdes Pertanyakan Kinerja Aparatur Desa

Selasa, 14 Mei 2024 - 12:14 WIB

Bupati Cup 2024, Disbudpora Kabupaten Sukabumi Dorong Pencarian Bibit Atlet Voli

Selasa, 14 Mei 2024 - 12:00 WIB

Sekda Kabupaten Sukabumi Membuka Acara Sosialisasi Jaminan JKK dan JKM Bagi Pegawai dan Atlet

Senin, 13 Mei 2024 - 10:39 WIB

Diikuti 600 Peserta Event Geopark Ciletuh Resmi Dilepas Bupati Sukabumi

Berita Terbaru