Diharapkan Masyarakat sebagai kandidat Hoegeng Awards 2024 AKBP Maruly Pardede, Sosok Polisi berintegritas, Religius dan Dermawan

- Admin

Senin, 25 Maret 2024 - 10:46 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GELIATMEDIA.COM – Berintegritas, Religius dan Dermawan dengan selalu berinovasi untuk melayani masyarakat, itulah sosok AKBP Maruly Pardede bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi saat menjabat sebagai Kapolres Sukabumi dari Januari 2023 hingga Januari 2024.

Seperti yang pernah dirasakan sendiri oleh Hanri Bunyamin seorang Regional Manager perusahaan ternama. AKBP Maruly Pardede adalah sosok polisi yang tidak dapat dilupakan Hanri. Integritas, ramah dan sederhana adalah gambaran Maruly bagi Hanri.

Meski berpangkat tinggi dan mempunyai jabatan strategis, pria yang kini menduduki posisi Wakapolresta Bandung itu tetap membumi bila bertemu dengan masyarakat.

Jadi, siapa bilang berurusan dengan polisi itu ribet? Galak Atau memerlukan biaya yang besar? Semua itu berbanding terbalik dengan kenyataan yang pernah dirasakan Hanri saat perusahaannya mengalami kesulitan dalam proses membangun sebuah gudang.

Ketika itu, Hanri bingung karena rencana membuat gudang mendapat hambatan dari beberapa oknum masyarakat. Jalan menuju lokasi proyeknya ditutup dengan alasan belum ada kordinasi dengan warga.

“Saya pun inisiatif mencoba minta bantuan kepada AKBP Maruly Pardede yang ketika itu menjabat Kapolres Sukabumi. Ternyata orangnya ramah, tutur katanya lembut dan sopan. Beliau pun mendengarkan masalah kami dan menyatakan siap membantu,” ujarnya.

Sebelum pulang, Hanri berusaha memberikan titipan sejumlah uang dari perusahaan kepada Maruly sebagai tanda perkenalan. Betapa kagetnya Hanri saat Maruly menolak dengan cara halus pemberian itu.

“Beliau bilang, ga usah kasih saya apa-apa. Sudah kewajiban polisi membantu masyarakat yang mengalami kesulitan terkait keamanan dan ketertiban. Maruly sarankan agar uang itu lebih baik digunakan untuk membantu warga sekitar proyek dengan mengadakan acara bakti sosial. Saya syok. Melihat di depan saya ternyata polisi yang berintegritas dan dermawan,” kenangnya.

Singkat cerita, lanjut Hanri, proyek pembangunan gudang akhirnya dapat dikerjakan tanpa ada gangguan lagi. Sebagai ungkapan terima kasih, ia pun menghadap kembali ke Maruly.

Hanri bertemu Maruly lagi. Mewakili perusahaan, ia mengucapkan terima kasih telah dibantu. Berkat pendekatan polisi yang humanis, tidak ada gangguan. Proyek gudang berjalan lancar dan aman.

“Perusahaan sudah menyiapkan bingkisan dan sejumlah uang untuk Maruly sebagai ungkapan terima kasih. Saya pun menyerahkan bingkisan dan uang itu ke Maruly. Sambil tersenyum, kembali Maruly kembali menolak pemberian dengan sopan. Maruly malah menitipkan pesan pada perusahaan agar jangan lupakan warga sekitar gudang saat jadi nanti. Berdayakan warga sekitar untuk kerja di gudang itu. Sering-seringlah adakan acara bakti sosial buat warga. Mata saya sampai berkaca-kaca mendengar itu,” pungkasnya.

Religius
Bagi kalangan ulama, Maruly adalah Kapolres yang sangat religius. Betapa tidak, program pertama yang dilakukan Maruly usai diserahi jabatan Kapolres Sukabumi adalah Subuh keliling berjamaah di mesjid-mesjid.

Dengan sholat subuh atau jumat berjamaah berpindah-pindah dari mesjid satu ke mesjid lainnya, Maruly mengajak jajarannya dan masyarakat untuk giat beribadah. Usai sholat, Maruly mengajak masyarakat untuk curhat padanya, perihal apapun, terutama yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban.

Program curhat tersebut dinamakan Aa Dede PRESISI (Agamis, Aman, Disiplin, Empati, Dialogis, serta Efektif dan Efisien) Curhat Dong yang juga dilaksanakan jajarannya di seluruh Polsek.

“Saya cermati di Kabupaten Sukabumi ini kulturnya seperti apa. Ternyata masyarakatnya religius. Makanya kita luncurkan salat subuh berjamaah. Alhamdulillah satu tahun itu saya keliling ke masjid-masjid tiap subuh. Kemudian setelahnya kita gelar curhat. Saya banyak menyerap aspirasi yang akhirnya diimplementasikan dalam program kerja,” kata Maruly.

Tak hanya itu, Maruly juga dikenal memiliki jiwa sosial tinggi. Dirinya kerap datang kepada masyarakat yang membutuhkan. Setiap datang,***

Reporter : Asep T

Berita Terkait

Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans provinsi Jabar Terima dan akan menindaklanjuti Aduan Eks Karyawan PKWT PT.BSTM.
Kadis Tenaga Kerja Tekankan perusahaan Harus Segera Membayar Kompensasi Untuk Mantan Karyawan Sakuratek PT BSTM
Sosok Kades Tenjolaya yang Dicintai Masyarakatnya Sampai Terpilih Dua Periode Murni Tanpa Money Politik
Exploring the Nutritional Benefits of Fruits in a Healthy and Balanced Diet
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 13 April 2024 - 17:55 WIB

Rekayasa Arus Lalulintas ‘ ONE WAY ‘ berhasil Cairkan Arus Lalulintas di Kawasan Wisata

Sabtu, 13 April 2024 - 07:21 WIB

Demi Keamanan dan Kenyamanan, Anggota Koramil 2201/Cisolok Pantau Objek Wisata Geyser Cipanas

Jumat, 12 April 2024 - 17:03 WIB

Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran, Polres Sukabumi Terapkan One Way di Sore Hari

Jumat, 12 April 2024 - 15:13 WIB

Antrian panjang kendaraan Padati di Sepanjang Exit Tol Parungkuda

Rabu, 10 April 2024 - 08:48 WIB

Anggota Koramil 0622-01/Cisolok Laksanakan Giat Apel Pengamanan Malam Takbiran

Rabu, 10 April 2024 - 08:44 WIB

Babinsa Palabuhanratu Laksanakan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri Di Pos PAM Istiqomah

Senin, 8 April 2024 - 09:09 WIB

Kapolda Jabar Tinjau Pos Pengamanan di Polsek Cicurug Polres Sukabumi

Senin, 8 April 2024 - 08:50 WIB

Ibu Korban, Yang Anaknya Meninggal Waktu Persalinan di RSUD Palabuhanratu di Mintai Keterangan Pihak ke Polisian

Berita Terbaru

Pemerintahan

Anggota DPRD Apresiasi Bazar Ramadhan Kodim 0622

Selasa, 16 Apr 2024 - 14:56 WIB

Pemerintahan

Sukabumi Siap Kirim Atlet Terbaik ke Popwilda I Jabar

Selasa, 16 Apr 2024 - 14:52 WIB

Pemerintahan

Reforma Agraria di Sukabumi, DPRD dan Pemkab Gelar Rakor Percepatan

Selasa, 16 Apr 2024 - 14:49 WIB

Pemerintahan

Disbudpora Komitmen Dukung Wujudkan ‘KLA’ di Kabupaten Sukabumi

Selasa, 16 Apr 2024 - 14:45 WIB